Hampir di setiap pusat perbelanjaan bisa ditemui cafe-cafe. Mulai
cafe terkenal hingga café nan biasa. Beberapa tahun terakhir ini, bisnis
cafe semakin menjamur. Bermunculannya cafe-cafe disebabkan oleh gaya
hayati masyarakat nan modern. Kunjungan seseorang ke sebuah cafe tak
sekadar buat minum kopi, tetapi dapat menjadi ajang rendezvous dengan
rekan kerja, teman, atau klien bisnis.
Kemunculan cafe-cafe tak selalu di pusat-pusat perbelanjaan. Kini, bisnis cafe
mulai merambah di berbagai wilayah strategis, baik di kota besar maupun
kota kecil. Peminatnya pun beragam, mulai kalangan pelajar hingga
sebuah komunitas tertentu.
Membuka usaha cafe bisa dibilang
gampang-gampang susah. Namun, jika kita mampu mengelola dengan baik,
bisnis cafe akan berjalan lancar. Tentu saja, pengelolaan usaha café
harus dilakukan dengan profesional dan cerdas.
Cafe, Kopi Hingga Minuman Ringan
Zaman
dahulu, cafe nan berkelas menengah ke bawah ialah warung kopi.
Peminatnya beragam, terutama dari kalangan bawah. Di warung kopi ini,
menu minuman biasanya hanya ada kopi hitam, kopi susu, dan teh.
Kini,
warung kopi modern nan disebut cafe tak hanya menyediakan jenis minuman
kopi sebagai menunya, tetapi ditambah dengan jenis minuman lain,
seperti aneka jus, milkshake , dan aneka minuman ringan lainnya.
Menu
hidangan berupa kudapan atau makanan pun beragam. Ada jenis roti, mie,
pasta, hingga menu nasi. Bahkan, jenis makanan luar negeri pun menjadi
bagian dari menu hidangan di cafe.
Memulai Bisnis Cafe
Bagi
nan baru memulai membuka usaha cafe, Anda dapat belajar melalui kursus
atau mengikuti pelatihan-pelatihan bisnis. Hal ini dilakukan agar Anda
memiliki bekal dalam mengelola sebuah usaha, terutama bisnis cafe.
Bagi sebagian orang, berbisnis cafe dapat menjadi huma basah nan menguntungkan. Bagi sebagain nan lain, malah menjadi bangkrut.
Permasalahan seperti ini nan harus diperhatikan. Mengapa sebuah usaha cafe dapat menguntungkan atau bangkrut?
Banyak faktor nan menjadi pemicu keadaan tersebut.
Dalam
berbisnis cafe, pelanggan ialah sumber primer nan menyebabkan usaha
cafe bertahan dan berjalan. Jadi, bagaimana caranya agar pelanggan
senantiasa datang ke cafe tanpa adanya rasa bosan. Ini menjadi pekerjaan
rumah bagi mereka nan membuka usaha cafe.
Beberapa Taktik dalam Berbisnis Cafe
1. Menentukan Pelanggan
1. Menentukan Pelanggan
Sebelum
membuka cafe, tentukan pelanggan Anda. Cari pelanggan nan bisa
mengunjungi cafe Anda sesering mungkin. Pelanggan dapat dari kelas
menengah ke atas atau menengah ke bawah.
Lebih baik mencari
pelanggan sebuah komunitas eksklusif sebab memiliki banyak anggota. Di
antaranya klub motor, klub sepeda, komunitas blogger , dan lain-lain.
2. Menentukan Lokasi
Lokasi
nan dipilih dalam membuka usaha cafe ialah loka nan strategis.
Lokasinya bisa dijangkau, aksesnya mudah, dan berkesan nyaman. Agar
berkesan, interior cafe didesain semenarik mungkin.
3. Menyediakan Fasilitas Tambahan
Selain
menu minuman dan makanan, alangkah lebih baik jika menambahkan beberapa
fasilitas lain dalam cafe nan memberi kemudahan atau kenyamanan
pelanggan. Misalnya, ruangan ber-AC, ruangan spesifik perokok, fasilitas
jaringan internet, toilet, dan loka ibadah.
Selain itu,
fasilitas lain bisa ditambahkan sinkron dengan komunitas pelanggan cafe.
Jika pelanggan berasal dari komunitas buku, dapat disediakan ruang
baca, perpustakaan kecil, dan ruang diskusi. Dapat juga dengan
mengadakan acara, seperti diskusi kecil atau bedah buku setiap seminggu
sekali.
Fasilitas tambahan disesuaikan dengan jenis pelanggan nan telah ditetapkan.
Kebutuhan
fasilitas tambahan setiap komunitas tentu akan berbeda. Pengelola cafe
harus dapat membaca keinginan pelanggan. Pelayanan nan maksimal dan
kebersihan juga menjadi prioritas primer dalam menjalankan bisnis cafe .
Faktor-faktor Pendukung Bisnis Cafe
Berikut ini ditampilkan simulasi bisnis cafe nan harus menjadi acuan sebelum membuka cafe.
1. Lokasi
Untuk
bisnis cafe, faktor lokasi memang memegang peranan nan sangat penting.
Hal ini berkaitan dengan bagaimana sebuah lokasi bisa mendatangkan
konsumen nan banyak. Intinya, sebiah lokasi harus strategis dan nyaman
buat bersantai di cafe.
2. Dekorasi nan Nyaman
Usaha
bisnis cafe berhubungan erat dengan unsur kenyamanan dan suasana nan
dibangun dalam ruangan sebuah cafe. Selain tetap memperhatikan rasa
makanan dan minuman nan disajika, sebuah cafe pun harus menawarkan
konsumen kenyamanan. Intinya, sebuah ruangan cafe harus membuat si
pengunjung nyaman buat bersantai di cafe tersebut.
Ruangan cafe
harus didekorasi sinkron tema cafe nan diusung. Selain kenyamanan,
dekorasi cafe pun harus menarik. Untuk mendapatkan dekorasi nan nyaman
dan menarik, memang dibutuhkan dana nan besar. Namun, tak perlu takut
sebab dengan dana nan minim pun dekorasi cafe dapat ditata dengan
menarik dan nyaman.
3. Persiapan Logistik
Dalam
membangun bisnis cafe, Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan
logistik. Kebutuhan logistik nan sangat krusial ialah peralatan dapur
dan perkakas. Biaya peralatan dapur beserta perkakasnya dapat
bervariasi, bergantung pada dana nan disiapkan buat membeli peralatan
dan perkakas dapur.
Selain perkakas dan peralatan dapur,
peralatan buat menunjang unsur hiburan harus diperhatikan. Selain
bersantai menikmati makanan dan minuman nan disajikan, pengunjung cafe
pun dimanjakan dengan hiburan nan tidak kalah pentingnya.
4. Mempersiapkan Kebutuhan Rutin
Kebutuhan
rutin dalam membuka bisnis cafe ialah bahan makanan dan minuman.
Usahakan bahan makanan dan minuman tersedia dan masih dalam kondisi
segar dan enak buat dikonsumsi. Selain kebutuhan bahan makanan dan
minuman, hal nan harus diperhatikan ialah biaya nan dikeluarkan buat
listrik, air, dan telepon buat biaya operasional.
5. Mencari Koki nan Tepat
Bisnis
cafe atau restoran tak akan dapat berjalan jika tak memiliki seorang
koki. Ya, koki memang sangat dibutuhkan dalam bisnis cafe atau restoran.
Seorang koki harus dapat menciptakan sebuah kuliner nan mewakili
citarasa dari cafe atau restoran tersebut. Atau dengan kata lain,
seorang koki harus membuat makanan dan minuman nan menjadi karakteristik
khas dari cafe atau restoran tersebut.
6. Pelaksanaan
Setelah
semua faktor-faktor nan telah disebutkan di atas terpenuhi, Anda harus
rajin melakukan promosi bisnis cafe nan telah Anda buka. Promosi sangat
krusial buat bisnis apa pun, termasuk bisnis cafe atau restoran. Promosi
buat bisnis cafe biasanya dalam bentuk paket spesial nan ditawarkan dan hiburan pada akhir minggu.
Paket
spesial makanan biasanya menyajikan makanan dan minuman khas dari cafe
atau restoran tersebut. Promosi mengenai makanan dan minuman khas cafe
sangat krusial sebab akan menjadi brand image tersediri bagi cafe atau
restoran tersebut. Sebagai bagian dari bentuk promosi, Anda pun dapat
menampilkan live music nan biasa diselenggarakan pada akhir pekan.
Sarana
promosi lainnya ialah menyebarkan pamflet dan memasanng spanduk di
tempat-tempat strategis. Hal itu dilakukan buat menjaring konsumen agar
mengetahui dan mengunjungi cafe nan Anda buka. Selain itu, dapat juga
melakukan iklan di radio-radio.
Satu hal nan perlu diketahui,
lakukanalah penetapan harga nan wajar. Maksudnya, jika lokasinya di loka
nan dekat dengan lingkungan mahasiswa, harga nan ditetapkan harus
sinkron dengan kantong mahasiswa.
Namun, jika lokasi berada di
pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, atau di kawasan wisata, harga
bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan. Namun ingat, harus dengan
harga nan wajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar